Senin, 26 Oktober 2015

Here We Go...(MENABUNG UNTUK MENIKAH)


.....4tahun9bulan3hari

Kami Tahun 2011 :)
Waktu terus berlalu, namun umur semakin menipis. Sudah selama itu saya menjalin hubungan dengan BH. Dari awal kami menjalankan hubungan memang kami sudah memiliki target masing-masing untuk menikah atau membangun rumah tangga pada usia yang telah kami targetkan. Dulu saya menargetkan usia 23 tahun, sedangkan BH menargetkan 27 tahun. Dan tahun ini saya dan BH telah mencapi usia tersebut. Lalu kenapa belum juga menikah?

Kami Tahun 2012 :)

Saya dan BH mengetahui persis menikah itu bukanlah sesuatu yang sepele dan mudah bahkan singkat. Harus dengan persiapan mental, dan materi. Saya selalu bilang dengan BH "nanti kalo menikah, kita jangan membebani orang tua ya.. kasian mereka sudah banyak membiayai kita dari bayi hingga besar". Itu tekad saya dan BH. Dan kira-kira bulan Oktober 2014 saya dan BH memutuskan untuk mulai menabung (itu setelah saya freshgraduate dan baru bekerja 1 bulan, & BH sudah bekerja 2tahunan plus BH pun baru beli mobil *jedeer). Kami hitung kasaran menabung dulu itu 4jt/bln (berdua, dari menyisihkan gaji kami yang gak seberapa), saya yang getol nge list budget pakai excel, saya buat table dan list pengeluaran pokok macam nabung, sedekah, cicilan mobil, bbm, entertain sabtu-minggu, cicilan  motor dll, dan juga pengeluaran siluman hehe. Setelah itung-itung sampe bulan target kami menikah itu hasilnya masih 2 digit. (masih PEDE punya budget segitu, "waktu itu" haha). 

Kami Tahun 2013 :)
Saya dan BH sadar biaya menikah itu tidak sedikit. Akhirnya kita memberanikan diri untuk mulai dateng ke vendor-vedor pernikahan untuk mengetahui kisaran biaya pernikahan. Bagi kita itu hal seru, soalnya kita bisa makan ini itu gratis sambil nanya-nanya harga hahahaha. Ada hal-hal yang perlu di fikirkan ketika kalian akan dateng ke vendor pernikahan :

1. Pastiin DIMANA acara kalian nantinya?
2. Pastiin TAHUN acara nya kapan?
3. Jumlah UNDANGANnya berapa?
4. ADAT yang di pakai apa?

Berdasarkan pengalaman saya & BH, kita itu waktu nekat dateng ke vendor pernikahan itu linglung abisss, alias kita gak ngerti apa-apa bhahahay (Yah namanya modal nekat) :p akhirnya saya sama BH asal nembak aja tempat dan tahun nya haha. (kita minta PL untuk perbandingan 2 tempat yang kita pengen, karena saat itu kita pun belom survey gedungnya).
4 point diatas itu penting bangeeeet... karena nanti saat kalian minta pricelist (kontrak vendor kasaran) kalian bakal ditanya itu semua dan di isi di semacam form. Nah kalian akan dibuatin semi proposal budgetnya sama marketing vendornya (itu disesuaiin dengan charge gedung, dan tamu) jadi harga vendor itu ngaruh banget gedung mana yang dipakai (Gedung kelas bawah,menegah/atasss) & jumlah tamu. Bagusnya sih kalian getol dateng ke vendor-vendor dari setahun sebelum acara. Karena itu bisa bikin harga mengikat :p (jadi bodo amat deh kalau seumpama harga bahan pokok naik tahun depannya hehe). Kenaikan harga vendor itu bisa 20jt pertahunnya, kan kaaan lumayaan kaan mending deal dari jauh-jauh hari. (saya&BH sampai mikir, kalo kita gak deal harga tahun sekarang, tahun depan harganya bisa naik banyaak.. teori rugi&kepepet) :D

Kami Tahun 2014 :)
Nah setelah kalian dapet pricelist kasarannya jangan KAGET kalau harganya FANTASIS! hahahaha. Biasanya sih gitu capeng-capeng yang saya liat mimik nya termasuk saya dan BH. hahaha. Saya & BH Stay COOL aja waktu itu mah (walau hati menjerit, "sayaaang tabungan kita gaaaak cukuuup :')") mhehehehe... Untung perut saat itu kenyang, coba kalo gaak?...nangis bombaay! "Gak jadi kawin, gak jadi kawin, uangnya gak cukup"! hehehe.

Saat itu saya&BH pun mutusin untuk pulang aja, dan sepanjang jalan kenangan di mobil kami merenung (renungin budget!) hahahaha, dan disitu deh saya&BH mulai saling nguatin "serahin aja semuanya sama Allah yang Punya Rejeki, kan niat kita baik mau ibadah, mudah-mudahan kedepan ada aja jalannya". Baiklah setelah saling nguatin kita berdua sok "tegar" walaupun masih kepikiraan jugaa. (yaiyalaaaah kepikiraaan uang 3 digit sampe kapan kita bisa ngumpuliiinnnn secara kita mah apa atuhhh hahaha).
Setelah sampe rumah gak sadaaar saya&BH ternyata bawa hampir semua brosur vendor-vendor wkwkwkw (vendor catering, photograpy, wo, venue, hooneymoon dll) yah lumayan lah itu brosur pokoknya kalo di kilo in buat makan bakso Afung. METAAAALL!! HAHAHA

PR selanjutnyaa adalaaaahh mempelajari bener-bener list budget yang tertera pada PL Vendor tadi.. dipilih apa yang perlu apa yang gak perlu, dan mencoba lobby diskon ke vendor dipertemuan selanjutnya. :)

Kami Tahun 2015 :)

Ok sampai sini dulu ya sharing nya, nanti dilanjutin lagi sharing soal kelanjutannya dan gedung :)
Hope you enjoy..

Regards,
Cila

0 komentar:

Posting Komentar