Senin, 02 November 2015

TIPS MENCARI GEDUNG PERNIKAHAN

Setelah kemarin saya bercerita tentang awal mula saya menabung dengan BH, dan kelanjutan dari pencarian vendor catering saat itu. Serta Alhamdulillah juga makin kesini rezeki saya & BH itu ada aja, dan diluar dugaan saya dan BH. Kita pun udah bisa naikin nominal tabungan perbulan. Sujud syukurrr...hehehe
Saya dan BH mengharuskan untuk segera mencari kepastian venue mana yang akan kami pilih untuk menjadi tempat hari bahagia saya & BH. Supaya kita makin tau harga vendor catering untuk masing-masing kelasan venue. Kita sepakat untuk mencari venue yang gak jauh dari domisili kita (tengah-tengah), BH domisili meruya, saya ciledug. 

Yang udah jelas saya & BH sepakat untuk tidak melangsungkan pernikahan di RUMAH. Kenapa? kok gak mau dirumah ? kan hemat biaya ? bukannya kalo digedung/outdoor biaya lebih mahal ?
Dari awal saya bermimpi untuk menikah aja gak pernah kepengen ngadain acara pernikahan dirumah. Alasannya satu "RIBET". hehehe lainnya :

1. saya memiliki keluarga besar yang gak muat kalo di cover di rumah hehe, 
2. belum lagi harus cari tempat cucian piring/dapur umum, 
3. terus  kalo hujan ngerembesss sampe kedalem tenda, 
4. tempat parkir, taro manaaaaa??? hehehe masa komplek isinya full tempat parkir nanti hehe
5. ganggu privasi tetangga (Walaupun tetangga saya juga pasti memaklumi tapi saya nya yang enggan untuk ganggu mereka, belom lg kalo ada tetangga yang sakit, punya anak bayi dll kaan kasian banget kalo mesti seharian berisik karena acara saya hiks)
6. udah acara, belom lagi beres-beresnya, sampahnyaa.. adeeuh kebayang itu lingkungan kaya kapal pecah, walaupun kita bayar orang juga buat bersihin ya tetep aja, saya orang nya risihan sama begituan..hiks 
7. keluarga pasti kan udah cape juga buat bersih-bersih, kebayang mamah saya repotnya kaya apa nanti.

dan OKE, akhirnya kita pun bener-bener gak mau mengadakan acara di rumah. hehe
Alternatif saya dan BH ada indoor/outdoor. Saya sempat memelas meminta BH untuk outdoor dengan konsep yang simple aja nanti.. tapi apalah daya BH memilih untuk bilang "NO" karena dengan banyak nya pertimbangan. Ada alternatif 2 tempat outdoor yang tadinya saya mau pake :

1. Sport center alam sutera. (tapi setengah hati disini, mengingat kaka sepupu dulu pernah juga pake disini dengan konsep club Moge nya, dan saya kurang sreg karena area nya kurang steril kalo dijadiin tempat acara resepsi. (yang kita tahu didalamnya itu ada kolam renang & cafe), jadi orang yang renang masih bisa keliaran di lokasi hehe, terus wilayah nya tangerang kasian takut susah teman-teman kantor saya & BH nantinya mencari lokasi.


2. Rumah Joglo Puri Tirta yang ada dipinggir tol srengseng dekat SMAN 112 (SMA saya), venue nya sih lebih privat dan "kelas" yaa, cuma setelah mencari info ternyata harga sewa nya muahal bangeet itu juga belom catering dan charge vendornya lumayan gede. hiks


Jadilah pilihan terkahir saya mau gak mau ya indoor deh, kata BH indoor lebih aman dari hujan yang gak jelas sekarang musimnya. hehehe Kita memilih untuk mencari gedung di daerah sekitan Jakarta Barat & Selatan (gak jauh dan semua orang familiar rata-rata sama lokasi-lokasi tersebut)

Ada hal-hal yang penting dalam memilih venue gedung resepsi :

1. Pastikan lokasi sama-sama saling dekat dengan rumah capeng pria & wanita .
Ini menjadi penting mengingat jakarta kita tercinta makin kesini makin brutal kemacetannyaa. Kan gak lucu calon pengantin nanti sampe telat berjam-jam karena kejebak maceet. haha

2. Pemilihan gedung yang aman dan nyaman.
Ini juga perlu banget diperhatikan, Aman dari gangguan "some random people" yang suka nyelonong masuk seenaknya ke hajatan orang hehe, Nyaman, karena keluarga besar dari kedua mempelai, juga sahabat dan tamu undangan pasti ingin larut dalam kebahagiaan pengantin. Saya pun memiliki beberapa kriteria waktu saat memilih gedung :
- Desain ceiling tinggi. (supaya gak sumpek didalam gedung, gak gelap, dan vendor dekorasi juga enak ngedekornya lebih lueesss)
- Parkiran banyak&aman 
- Ruang Ganti keluarga pria&wanita yang luas dan nyaman
- Fasilitas gedung jika tidak berada di lantai dasar. (hindari fasilitas gedung yang cuma ada "tangga", saya dan BH masih memiliki nenek/eyang yang sudah tua, gak mungkin kan mereka naik-turun tangga, belum lagi tamu undangan yang juga udah ibu-ibu bapak-bapak, endaak tegaa hehe, ini penting banget!!) syukur-syukur levelnya rata yaa atau ada lift-escalator. Tapi banyak juga sih tamu undangan yang ngeluh dengan fasilitas lift yang kurang memadai, karena mereka harus nunggu ganti-gantian terus.
- Pencahayaan ini juga penting supaya pas acara gak gelaap
- Pendingin ruangaan (ini lebih ke pengalaman sih, banyak gedung yang gak meratiin soal penting nya pendingin ruangan, alhasil banyak tamu undangan yang mateng kepanasan deh, hehe jangan sampe yaa)
- Hindari lokasi gedung yang daerahnya macet tak termaafkan. hadeehhh.. ini bisa acara kalian ngaret karena kendala macet dan tamu yang dateng sepi. Apalagi sekarang banyak titik-titik pengerjaan proyek jalanan/jembatan. 
- BH juga menghindari gedung yang ruangannya pisah-pisah (jadi terkesan pengantinnya ditinggalin di dalem, sedangkan buffet dan gubukan berada di luar ruangan terpisah dari hall utama pelaminan) kaya misal di gedung DPR/MPR itu begitu, pelaminan didalem, makanan di sayap luar alhasil pengantinnya garing krik krik tamunya pada diluar makan hahaha.

3. Harga juga harus sesuai dengan fasilitas gedung dan charge vendor lainnya : photography, entertain, catering, dll (ini harus diperhatiin bener-bener supaya kita gak nombok banyaaak)

oya jangan lupa pilih waktu yang kalian selenggarain yaa mau acara siang/malam. Kalo saya & BH memilih untuk malem karena kalau pagi takut kesiangan dan pendek persiapan (apalagi BH yang kalo tidur bangunnya siang hmmm bisa-bisa dia telat bangun buat ijab cobul lin saya aaaaak!!). Siang juga kesian nanti tamu nya kepanasan yang pada naik motor, soalnya saya pernah begitu pengalaman sama BH, suka kesel sendiri kalo kondangan siang, udah panas, macet, laper aaaaah menyiksa deh hahahaha. Saya pilih malem juga supaya lighting decor dari vendor lebih maksimal dari pada siang hari. :)

Untuk venue gedung yang saya pilih nanti inshallah udah idaman banget, dulu pernah mimpi "kalo nikah aku mau dan harus digedung ini" dan alhamdulillah BH menyetujui dan dia pun juga suka sama venue ini. Akhirnya pada 02 Maret 2015 BH menyempatkan diri di jam istirahat kerja nya untuk mengurus pembayaran gedung lunas + dengan jaminannya. ALHAMDULILLAH yeee!! (gedung ini agak streeng sistemnya karena gak boleh sistem DP, jadi harus lunas hari itu juga, lumayan deh lumayan bikin tabungan ludess seketika hahaha) dan BH pun lagi-lagi masih sempat beberapa kali menggoda saya "kesampean deh cila nikah nanti disini, seneng deh seneeeng..." (sambil usap usap kepala saya bak bapak lagi ngemong anaknya zzzz hahaha) saya mah yaa senyum-senyum aja. hehe Makasih  sayang..... :* 

you always try to make my dreams become real... thank you dear..

Our Venue Deal, Bismillah ....

2 komentar:


  1. Paket Pernikahan di HIS K-LINK TOWER


    PAKET SUDAH TERMASUK:


    1. Venue FULL CARPET di K-LINK TOWER BALLROOM

    2. Catering

    3. Dekorasi All Area

    4. Paket Make Up & Busana

    5. Dokumentasi

    6. Music Entertainment

    7. MC Hits Jakarta

    8. Wedding Organizer (WO)

    9. Wedding Car

    10. Wedding Consultant


    BONUS PROMO:


    Honeymoon Japan 5D4N +
    Voucer Flight & Masih banyak lagi

    silahkan menghubungi
    081290005219 / Farika

    BalasHapus
  2. ONESTOPWEDDING PACKAGE all in 100jt
    u/500PAX :

    Catering 500 pax
    Buffet
    - nasi putih
    - nasi goreng
    - sop
    - masakan daging
    - masakan ayam / ikan
    - masakan osengan / cah
    - masakan sayuran
    - kerupuk
    - air mineral

    Dessert
    - buah potong
    - aneka puding
    - soft drink / juice
    - aneka snack

    Stall
    - kambing guling 2 ekor
    - zuppa soup 200 porsi
    - dim sum 200 porsi
    - pempek palembang 200 porsi
    - es krim 200 cup

    Rias / busana
    1. Pengantin akad / resepsi
    2. Orang tua 2 pasang
    3. Melati ronce CPP
    4. Penerima tamu

    Dekorasi
    1. Dekorasi wedding gate
    2. Standing flower
    3. Dekorasi backdrop photoboth
    4. Dekorasi meja akad nikah
    5. Dekorasi photo galery
    6. Dekorasi buffet/dessert
    7. Dekorasi pelaminan
    8. Dekorasi fresh flower mini garden
    9. Dekorasi panggung musik
    10. Buku tamu
    11. Kotak ampau
    12. Janur

    Foto / Video
    1. Album kolase 10 lembar full edit
    2. Foto frame 30 x 40cm
    3. CD full edit
    4. Video cinematic

    Free
    1. MC
    2. Sound system
    3. Akustik
    4. Soto ayam lamongan + nasi 50 porsi / setelah akad
    5. Buffet VIP 50 porsi

    BalasHapus